Pengaruh Percaya Diri dan Penguasaan Diksi terhadap Kelancaran Berbicara Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sulang
Rini Ernawati, 2101407159 (2011) Pengaruh Percaya Diri dan Penguasaan Diksi terhadap Kelancaran Berbicara Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sulang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Percaya Diri dan Penguasaan Diksi terhadap Kelancaran Berbicara Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sulang)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui variabel manakah yang memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kelancaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sulang. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sulang tahun ajaran 2010/2011. Sampel sebanyak 34 siswa. Variabel yang diteliti meliputi pengaruh percaya diri dan penguasaan diksi sebagai variabel bebas, serta kelancaran berbicara sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui skala sikap untuk mengukur pengaruh percaya diri dan tes tertulis pilihan ganda untuk mengukur penguasaan diksi, sedangkan untuk mengukur kelancaran berbicara menggunakan tes unjuk kerja, yakni dengan bercerita pengalaman pribadi di depan kelas. data yang diperoleh dianalisis dengan metode korelasi dan regresi ganda. Temuan penelitian adalah pengaruh percaya diri terhadap kelancaran berbicara siswa kelas VIII SMP N 1 Sulang 45,3%. Dari 34 subjek yang diteliti, sebanyak 1 siswa atau 3% mempunyai nilai yang sangat tinggi, sebanyak 2 siswa atau 6 % yang mendapatkan nilai yang tinggi, sebanyak 9 siswa atau 26% yang mempunyai nilai sedang, dan sebanyak 15 siswa atau 44% mendapatkan nilai rendah, serta 7 siswa atau 21% yang mempunyai nilai sangat rendah. Berdasarkan output dari pengolahan data menggunakan program SPSS versi 12 menunjukan koefisien korelasi antara percaya diri dengan kelancaran berbicara sebesar 0,673. Artinya, ada hubungan yang searah antara percaya diri dengan kelancaran berbicara Semakin tinggi percaya diri yang dimiliki siswa, semakin baik pula kelancaran berbicaranya. Pengaruh penguasaan diksi terhadap kelancaran berbicara siswa kelas VIII SMP N 1 Sulang, yaitu 24,2%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh angka korelasi antara penguasaan diski dengan kelancaran berbicara sebesar 0,492. Korelasi positif menunjukan bahwa hubungan antara penguasaan diksi dengan kelancaran berbicara searah. Penguasaan diksi siswa yang tinggi mengakibatkan kelancaran berbicara siswa semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi percaya diri dan penguasaan diksi, maka kelancaran berbicara semakin meningkat. Masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kelancaran berbicara. Diharapkan ada penelitian lanjutan yang mengkaji faktor lain yang mempengaruhi kelancaran berbicara.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, percaya diri, penguasaan diksi, kelancaran berbicara. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Oct 2011 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6683 |
Actions (login required)
View Item |