PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR


Salam, 0103521005 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari hasil observasi terhadap rendahnya motivasi belajar peserta didik, kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Lawela, Kec. Batauga Kab. Buton Selatan, Sulawesi Tenggara yang berdampak rendahnya hasil belajar peserta didik. Permasalahan pembelajaran tersebut dipecahkan melalui pembelajaran model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan motivasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, memberikan tes, angket respon siswa dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan kelas VB yang dilibatkan pada satu sekolah. Kelas VA berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 28 peserta didik bertindak sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul diuji normalitas dan homogenitasnya sebagai prasyarat pengujian hipotesis. Teknik analisis data yaitu uji peningkatan (n-gain) dan uji perbedaan rata-rata (independent sampel t-test) dengan menggunakan statistik SPSS 25. Adapun hasil penelitian ini adalah kelas yang dibelajarkan model discovery learning memperoleh peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar siswa dengan skor nilai gain 0,73, kemampuan berpikir kreatif dengan skor nilai gain 0,70, dan hasil belajar siswa dengan skor nilai gain 0,75 yang termasuk dalam kategori “tinggi” sedangkan kelas yang dibelajarkan model konvensional pada motivasi belajar pseserta didik dengan skor nilai gain 0,52, kemampuan berpikir kreatif dengan skor nilai gain 0,50, dan hasil belajar siswa dengan skor nilai gain 0,59 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Hasil uji beda rata-rata motivasi belajar peserta didik, kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan pembelajaran model konvensional diperoleh nilai signifikansi < 0,05. Data di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berdampak positif atau lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Sarankan dari penelitian ini agar peserta didik selalu diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan-kegiatan penemuan seperti melakukan penyelidikkan dan diskusi kelompok sehingga mampu menggembangkan kemampuan berpikir dan menunjang semangat belajarnya serta memiliki hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan berpikir Kreatif, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Dec 2024 10:56
Last Modified: 24 Dec 2024 10:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66656

Actions (login required)

View Item View Item