KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERSTRATEGI MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR


Arif Mishbah Suryawanto, 0103520043 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERSTRATEGI MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan kegiatan pembelajaran yang menekankan pada pengembangan kemampuan dan keterampilan siswa dalam belajar, termasuk pemahaman konsep dan keterampilan proses sains (KPS). Pemahaman konsep dan keterampilan proses sains sangat penting dikuasai oleh siswa karena siswa mampu memahami, mendapat makna serta dapat memfasilitasi siswa dalam menemukan sendiri konsep-konsep melalui latihan yang mereka lakukan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model inkuiri terbimbing berstrategi MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas V Kec. Panyileukan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 262 Panyileukan Kota Bandung dengan jumlah 50 siswa kelas eksperimen dan 50 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest pemahaman konsep yang diperoleh siswa kelas eksperimen sebesar 79,24 sedangkan hasil kelas kontrol sebesar 71,82. Hal tersebut menunjukkan perbedaan pengaruh hasil penerapan model inkuiri terbimbing berstrategi MURDER tetapi tidak secara signifikan. Hasil nilai rata-rata posttest KPS yang diperoleh siswa kelas eksperimen sebesar 84,45 lebih besar dibandingkan dengan hasil kelas kontrol sebesar 72,71. Hal tersebut menunjukkan perbedaan pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing berstrategi MURDER. Selain itu hasil uji n-gain pada kelas eksperimen didapatkan hasil 0,58 dengan kategori sedang, untuk kelas kontrol didapatkan hasil 0,31 dengan kategori sedang. Simpulan pada penelitian ini model inkuiri terbimbing berstrategi MURDER efektif dapat meningkatkan pemahaman konsep tetapi tidak secara signifikan, sedangkan terhadap keterampilan proses sains efektif meningkatkan serta dapat memberikan pengaruh peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IPA, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Strategi MURDER
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Dec 2024 10:48
Last Modified: 24 Dec 2024 10:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66655

Actions (login required)

View Item View Item