PENGEMBANGAN ALAT PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN PUZZLE RUN UNTUK PENDIDIKAN JASMANI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Khamami, 6102417034 (2021) PENGEMBANGAN ALAT PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN PUZZLE RUN UNTUK PENDIDIKAN JASMANI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran materi kebugaran jasmani di sekolah dasar sudah terlaksana sesuai dengan kompetensi dasar akan tetapi dalam praktik di lapangan guru penjas masih mengalami beberapa permasalahan seperti: (1) keterbatasan alat pembelajaran (2) kurangnya kreativitas guru dalam membuat alat pembelajaran (2) pembelajaran yang monoton. Dari permasalahan tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran kebugaran jasmani. peneliti mempunyai gagasan untuk membuat Alat pembelajaran kebugaran jasmani melalui permainan puzzle run. Tujuan penelitian in untuk menghasilkan produk Alat pembelajaran kebugaran jasmani melalui Alat permainan puzzle run yang sesuai dengan karakteristik anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan penyajian data persentase. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling berjumlah 73 peserta didik di kelas IV yang terdiri dari 24 peserta didik untuk skala kecil dan 49 peserta didik untuk skala besar di Sekolah Dasar Negeri Toso 01 dan Toso 02. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan aspek Kognitif, Psikomotor dan Afektif melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil analisis kuesioner ahli penjas terhadap produk alat puzzle run ahli penjas didapat hasil persentase sebesar 83%, kuesioner guru penjas 1 didapat persentase sebesar 89%, dan kuesioner guru penjas 2 didapat persentase sebesar 82%, diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,66%. hasil analisis kuesioner peserta didik terhadap produk alat puzzle run pada uji coba skala kecil didapat hasil persentase aspek kognitif sebesar 68,75%, aspek psikomotor sebesar 87,5% dan aspek afektif sebesar 94,58%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,61%. Sedangkan pada uji coba skala besar didapatkan persentase aspek kognitif sebesar 80,20%, aspek psikomotor sebesar 91,43% dan aspek afektif sebesar 96,53%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh rata-rata sebesar 89,38%. Hasil analisis uji coba skala besar termasuk kategori “sangat baik” sehingga produk alat permainan puzzle run sangat dapat digunakan. Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah produk alat permainan puzzle run untuk Pendidikan jasmani sekolah dasar. Yang dapat digunakan untuk pembelajaran kebugaran jasmani. Saran peneliti adalah menggunakan alat permainan puzzle run guru maupun peserta didik sebaiknya membaca terlebih dahulu buku produk agar dapat menggunakan Alat permainan puzzle run dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebugaran Jasmani, Alat Permainan Puzzle Run, siswa SD |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:23 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |