PENGARUH DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK, DAN LINGKUNGAN USAHA MELALUI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA USAHA PADA UMKM BORDIR KAWALU KOTA TASIKMALAYA


HUSNUL NURHAFSAH, 0701521026 (2023) PENGARUH DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK, DAN LINGKUNGAN USAHA MELALUI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA USAHA PADA UMKM BORDIR KAWALU KOTA TASIKMALAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja usaha merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk dapat membangun usaha yang dijalani lebih berkembang dari sebelumnya sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan baik dari segi pendapatan, tenaga kerja, volume produksi, jangkauan pasar dan kapasitas usaha atau modal yang dimiliki. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi kinerja usaha yang dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal berupa sumber daya manusia, keuangan, teknis dan operasional, dan pemasaran sedangkan faktor eksternal berupa kebijakan pemerintah dan sosial budaya, dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing, inovasi produk, dan lingkungan usaha melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bordir Kawalu Kota Tasikmalaya sebanyak 1.078 unit usaha. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 162 unit usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa digital marketing, inovasi produk, lingkungan usaha, keunggulan bersaing dan kinerja usaha berada dalam kategori yang sama yaitu baik. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa digital marketing, inovasi produk dan lingkungan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kemudian digital marketing, inovasi produk dan lingkungan usaha berpengaruh positif terhadap kinerja usaha melalui keunggulan bersaing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima dan keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh digital marketing, inovasi produk dan lingkungan usaha terhadap kinerja usaha pada UMKM bordir Kawalu Kota Tasikmalaya. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah UMKM bordir Kawalu Kota Tasikmalaya perlu mengeksplorasi berbagai sektor yang mampu mendukung pada peningkatan kinerja usaha sehingga mampu terus bersaing dengan pelaku usaha lainnya secara lebih luas. Selain itu peran pemerintah diperlukan dalam memfasilitasi pengembangan potensi para pelaku usaha

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Inovasi Produk, Lingkungan Usaha, Keunggulan Bersaing, Kinerja Usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:57
Last Modified: 24 Dec 2024 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66546

Actions (login required)

View Item View Item