PENGEMBANGAN MODUL PELENGKAP BUSANA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MA AL-KHOIRIYYAH SEMARANG
Pujawati Khairul Amalia, 5403416046 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PELENGKAP BUSANA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MA AL-KHOIRIYYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil observasi di lapangan menunjukkan pemahaman siswa terhadap pembuatan kerajinan pelengkap busana dari limbah kain perca pada Mata Pelajaran Prakarya membutuhkan waktu cukup lama, kurangnya bahan ajar yang mendukung kegiatan pembelajaran praktik, serta keterbatasan waktu pembelajaran adalah beberapa hal yang menjadkan Mata Pelajaran Prakarya aspek kerajinan sulit dipahami. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul sebagai media pembelajaran Prakarya dan untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 6 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Validasi dilakukan oleh 6 dosen ahli dan 3 guru. Modul diuji cobakan pada 15 siswa kelas XI MA Al Khoiriyyah Semarang. Hasil kelayakan modul oleh validator dari aspek materi diperoleh persentase sebesar 85% (sangat layak), aspek media sebesar 89% (sangat layak), aspek pengguna (guru) sebesar 88% (sangat layak), dan penilaian siswa diperoleh persentase sebesar 91% (sangat layak). Simpulan penelitian ini adalah adanya kebutuhan modul sebagai media pembelajaran karena media tersebut mudah dioperasikan dan didapatkan sehingga membantu siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring dalam mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, serta dapat digunakan untuk belajar secara mandiri. Tingkat kelayakan modul oleh ahli materi, ahli media, dan guru dinyatakan sangat layak, hasil penilaian siswa terhadap modul dinyatakan sangat layak, sehingga modul dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran Prakarya aspek kerajinan. Saran dari peneliti ini adalah bagi peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan cakupan materi yang lebih luas, agar hasil respon siswa dan hasil penelitian yang diperoleh lebih akurat, dan disarankan untuk melakukan penelitian hingga tahap uji efektivitas penggunaan modul tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerajinan, kain perca, pelengkap busana, pengembangan, modul. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1 |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:48 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |