TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG SELAMA PANDEMI COVID-19
Mohamad Rizal Firmansah, 5101417011 (2021) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG SELAMA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa sering kali merasakan kesulitan disaat pembelajaran jarak jauh berlangsung dikarenakan mata pelajaran praktik yang lebih efisien jika pembelajaran dilaksanakan secara langsung, dan menggunakan metode pembelajaran dua arah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa serta pokok bahasan yang dianggap sulit dipahami dan yang dianggap mudah dipahami oleh siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 4 Semarang dalam setiap pokok bahasan pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di era pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling dan besar sampel dihitung menggunakan rumus slovin. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara serta tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment serta divalidasi oleh dua ahli materi dan reliabilitasnya menggunakan rumus KR-21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pokok bahasan Desain Interior memiliki tingkat pemahaman “Sedang” dengan persentase jawaban benar 63%, pokok bahasan Menggambar 2D memiliki tingkat pemahaman “Sedang” dengan persentase jawaban benar 63%, pokok bahasan Menggambar 3D memiliki tingkat pemahaman “Sedang” dengan persentase jawaban benar 64%, pokok bahasan Finishing Gambar 2D memiliki tingkat pemahaman “Rendah” dengan persentase jawaban benar 53%, pokok bahasan Finishing Gambar 3D memiliki tingkat pemahaman “Rendah” dengan persentase jawaban benar 38%, pokok bahasan Pembuatan Maket memiliki tingkat pemahaman “Rendah” dengan persentase jawaban benar 49%, dan (2) pokok bahasan yang dianggap sulit dipahami oleh siswa adalah pokok bahasan Finishing Gambar 3D sedangkan untuk pokok bahasan yang dianggap mudah dipahami oleh siswa adalah pokok bahasan Menggambar 3D.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pemahaman, Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:34 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66478 |
Actions (login required)
View Item |