PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP N 1 BERGAS


Vina Novela, 3601419011 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP N 1 BERGAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan metode pembelajaran yang semakin beragam, sehingga dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan tersebut. Adanya perkembangan metode pembelajaran diharapkan dapat mengubah proses pembelajaran yang tadinya berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada peserta didik (students centered). Suatu inovasi dalam pembelajaran salah satunya penggunaan metode yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik supaya mereka lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ini berusaha untuk meneliti pengaruh metode pembelajaran team quiz. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui dan mengkaji penerapan metode team quiz di SMP N 1 Bergas, 2) untuk menganalisis pengaruh penerapan metode team quiz terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen, sampel dari penelitian yaitu 36 peserta didik kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas IX D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban dan materi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan program SPSS 20 dan microsoft excel dengan uji statistik. Hasil penelitian terdapat 1) penerapan metode pembelajaran team quiz menjadi salah satu alternatif untuk guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan berpusat pada aktivitas belajar peserta didik. Metode team quiz juga membangun keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga suasana kelas lebih hidup dan menyenangkan. 2) peserta didik lebih tertarik dan menyukai proses pembelajaran menggunakan metode team quiz karena mereka memiliki rasa percaya diri tinggi untuk berkerjasama secara berkelompok menjawab pertanyaan untuk mendapatkan nilai tertinggi. Peserta didik juga lebih bisa memahami materi menggunakan metode team quiz dibandingkan dengan metode konvensional karena terbukti dengan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode team quiz dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Saran yang bisa diberikan yaitu 1) untuk peneliti selanjutnya sebaiknya bisa mengembangkan metode team quiz menjadi salah satu alternatif untuk membangun motivasi dan hasil belajar peserta didik. 2) sebaiknya guru dapat melakukan pembaharuan seperti menggunakan media sebagai perantara dalam penggunaan metode team quiz supaya proses pembelajaran lebih menarik. 3) untuk peserta didik sebaiknya lebih bisa meningkatkan semangat belajar supaya memiliki hasil belajar yang tinggi dengan mengikuti langkah-langkah alternatif metode team quiz di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Team Quiz, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Dec 2024 05:00
Last Modified: 23 Dec 2024 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66467

Actions (login required)

View Item View Item