(ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL PENUMPANG OFF STREET FIK DAN FT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Dwi Sakti , 5101406015 (2011) (ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL PENUMPANG OFF STREET FIK DAN FT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL PENUMPANG OFF STREET FIK DAN FT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
- Published Version
Download (81kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perubahan IKIP menjadi Universitas dan kemajuan civitas akademik UNNES memiliki 8 fakultas, yaitu: Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Ilmu Sosial, Matematika dan IPA, Teknik, Ilmu Keolahragaan, Ekonomi, Hukum dan 1 Program Pascasarjana, yang didalamnya dibuka program studi baik yang pendidikan maupun non pendidikan. Dengan adanya fakultas dan program studi yang dibuka oleh UNNES secara otomatis jumlah mahasiswanya akan bertambah setiap tahunnya. Hal ini yang menyebabkan UNNES harus memiliki fasilitas untuk menunjang jalannya civitas akademik salah satunya dengan menyediakan tata ruang untuk memenuhi kebutuhan lahan parkir. Keingingan untuk mewujudkan program konservasi kampus juga ikut melatarbelakangi dalam pembenahan kebutuhan ruang parkir yang sudah ada. Diharapkan dengan adanya analisa tentang kebutuhan ruang parkir dapat menjadikan pedoman tentang pengaturan tata guna lahan untuk lahan parkir yang diperlukan kepada pihak universitas selaku pihak pengelola dan mahasiswa sebagai pengguna lahan parkir. Tentunya dengan didasarkan pada program konservasi Univesitas Negeri Semarang (UNNES). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kapasitas statis dan kapasitas dinamis ruang parkir mobil penumpang off street di FIK dan FT dengan mengidentifikasi permasalahan perparkiran mobil penumpang sehingga dapat memberikan alternatif penyelesaian masalah perpakiran di FIK dan FT. Metode yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian ini antara lain analisis karakteristik parkir dari Hobbs 1995, pendekatan rumus Z (Pignataro), dan kebutuhan ruang parkir dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat 1996. Data yang didapat dari hasil survai di lapangan dimasukkan ke dalam tabel kemudian dengan menggunakan program Microsoft Excel data tersebut diolah dengan cara mencocokkan nomor plat dan waktu mobil yang masuk dan mobil yang keluar, sehingga diperoleh jumlah mobil yang masuk, keluar dan parkir serta lama parkir. Pelataran parkir yang ada saat ini di FIK dan FT untuk mobil penumpang memiliki luas area parkir efektif 1447 m2 dengan kapasitas statis 74 SRP dan kapasitas dinamis 3985 mobil. Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil survai lapangan kebutuhan ruang parkir untuk saat ini sudah tidak dapat melayani kebutuhan yang ada pada saat jam-jam puncak terutama hari jum’at saat mendekati ibadah solat jum’at.Tapi karena itu tidak berlangsung lama maka hal itu tidak di jadikan permasalahan. Untuk menyelesaikan permasalahan akumulasi maksimum yang melebihi kuota yang hanya berlangsung singkat tersebut dapat di pecahkan dengan sistem perparkiran on street yang menggunakan pola sudut 90º. Cara lain yang digunakan untuk mengatasi masalah perparkiran di FIK dan FT adalah dengan sistem pengelolaan yang baik. Sesusai rencana yang telah disepakati FIK dan FT akan membangun gedung parkir dalam satu kawasan. Sesuai analisis perhitungan maka didapat KRP FIK dan FT adalah sebesar 38 SRP dengan sistem kapasitas dinamis dengan catatan menghilangkan semua lahan parkir yang ada dengan maksud pemaksimalan lahan dan salah satu penyukses rencana UNNES kampus konservasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parkir, Mobil Penumpang, off street , UNNES |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2011 06:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 06:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6646 |
Actions (login required)
View Item |