MEDIA GAME BERBASIS ANDROID PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 LASEM


Tutik Kholifah, 2601417021 (2021) MEDIA GAME BERBASIS ANDROID PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 LASEM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601417021 - Tutik Kholifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis huruf Jawa kelas VII SMP N 2 Lasem kurang efektif. Hal tersebut dibuktikan bahwa masih banyak peserta didik dari kelas VII SMP N 2 Lasem yang masih kesulitan dalam belajar menulis huruf Jawa. Media pembelajaran yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung masih terlihat kurang menarik, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media game berbasis android pada pembelajaran menulis huruf Jawa yang dapat melatih peserta didik dalam menulis huruf Jawa yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media game berbasis android untuk pembelajaran menulis huruf Jawa, (2) menyusun prototipe media game berbasis android pembelajaran menulis huruf Jawa, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi ahli terhadap media game berbasis android pembelajaran menulis huruf Jawa. Pendekatan yang digunakan adalah pengembangan atau Research & Development (R&D). Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru bahasa Jawa kelas VII SMP N 2 Lasem. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pengisian angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh (1) peserta didik dan guru membutuhkan media pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan menyenangkan, agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar menulis huruf Jawa, (2) prototipe media game bebasis android pembelajaran menulis huruf Jawa terdiri dari halaman opening dan halaman menu utama yang didalamnya terdapat menu level permainan yang langsung mengarah pada game, (3) media game berbasis android dinilai baik dan mendapatkan skor rata-rata 4,2 oleh ketiga validator dengan hasil persentase ahli materi 78%, ahli media 85%, dan calon pengguna 94%. Yang menandakan bahwa produk media game dinilai baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran, baik di rumah maupun di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar media game berbasis android pada pembelajaran menulis Jawa perlu diuji cobakan kepada peserta didik untuk mengetahui keberhasilan dan keefektifan media pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media game, android, pembelajaran huruf Jawa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:51
Last Modified: 20 Dec 2024 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66454

Actions (login required)

View Item View Item