PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 11 SEMARANG


Fauzan Beta Fabela, 3601418051 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601418051_Fauzan Beta Fabela.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai masalah kerap terjadi saat pembelajaran berlangsung seperti yang terjadi di SMP N 11 Semarang. Banyak ditemukan fenomena siswa bisa berdiskusi di kelas tetapi pada saat presentasi siswa tidak percaya diri. Guru harus mencoba banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa agar dapat terjadi komunikasi yang baik. Sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik serta menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran berbasis inkuiri, keterampilan sosial, dan pengaruh model pembelajaran berbasis inkuiri terhadap keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP N 11 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 11 Semarang yang berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu secara random dengan sampel yang diambil 64 siswa yang berasal dari kelas VIII A dan kelas VIII B. Alat dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kegiatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri melatih siswa untuk membuat hipotesis serta menguji hipotesis tersebut dengan temuan data yang diperoleh. (2) Jumlah skor pre test dari seluruh indikator keterampilan sosial di kelas eksperimen yaitu 2881. Sedangkan jumlah skor di kelas kontrol yaitu 2919. Setelah diberikan perlakuan skor post test di kelas ekperimen menjadi 2857, sementara di kelas kontrol yaitu 2916. (3) Berdasarkan hasil uji anova satu arah maka dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi hasil uji sig > taraf signifikansi (0,743 > 0,05) maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri terhadap keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Keterampilan Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:48
Last Modified: 20 Dec 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66451

Actions (login required)

View Item View Item