PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 24 SEMARANG
Wahyu Tri Astuti, 3601418042 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 24 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Media berperan penting dalam proses pembelajaran karena media yang menyenangkan membuat siswa bersemangat mengikuti pembelajaran. Media berperan membantu siswa untuk lebih mudah memahami pembelajaran yang diajarkan. Media yang digunakan di SMP Negeri 24 Semarang dalam pembelajaran IPS belum memanfaatkan teknologi dengan maksimal dan masih konvensional. Media game edukasi quizizz merupakan aplikasi pendidikan berbasis game yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan menghadirkan permainan saat pelajaran dan latihan soal yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk motivasi belajar dengan menggunakan angket, dan pengumpulan data hasil belajar dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25.0 for windows dengan uji t (Independent Sample T-test) Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapan media game edukasi quizizz membuat siswa mencoba hal baru dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, (2) Terdapat pengaruh penggunaan media game edukasi quizizz terhadap motivasi belajar siswa. presentase motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi yakni 82,26% dari pada kelas kontrol yakni 75,69%, (3) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 81,75 dan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 75,13 yang menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media game edukasi quizizz terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Game Edukasi Quizizz, Motivasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:45 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66448 |
Actions (login required)
View Item |