PENGARUH PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER BERJUDUL SEMESTA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN IPS


Aisyah Fatma Pramudiastuti, 3601418035 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER BERJUDUL SEMESTA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN IPS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601418035_Aisyah Fatma Pramudiastuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media belajar dalam proses belajar mengajar di kelas membuat peserta didik menjadi tidak memahami dalam menerima materi yang diajarkan. Guru yang belum bisa memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana dalam menyampaikan materi serta peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran karena komunikasi yang terjadi adalah dari guru saja. Akibatnya, ketika peserta didik ditanyai oleh guru, banyak dari mereka yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat merangsang daya fikir untuk membantu meningkatkan hasil belajar mereka. Film dokumenter dipilih karena di dalamnya tidak hanya memuat nilai-nilai pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran pada tema dua yaitu tentang keberagaman lingkungan sekitar, namun juga di dalamnya berisi hiburan yang ditampilkan secara visual dapat memikat penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pre eksperimental serta menggunakan desain one group pretest-posttest. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis film dokumenter berjudul semesta terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII H di SMP Negeri 40 Semarang. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh peserta didik kelas VII, sedangkan kelas sampel di pilih berdasarkan nilai dari kelas yang paling rendah, maka dipilihlah kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Penayangan film dokumenter menjadi variabel bebas, dan hasil belajar peserta didik menjadi variabel terikatnya untuk mengetahui pengaruh penggunaan film tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, intrumen tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda untuk mendapatkan instrumen yang baik. Serta uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan rumus sampel paired t-tes untuk menguji hipotesisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film dokumenter berjudul semesta terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII H di SMP Negeri 40 Semarang pada materi tema 2 tentang keberagaman lingkungan sekitar yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa perolehan nilainya sebesar 0.000, yang mana berarti nilai terssebut lebih kecil dari taraf signifikan = 0,05. Atau thitung < ttabel dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang mana artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media film dokumenter berjudul semesta terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS khususnya dalam penelitian ini adalah materi pada tema dua tentang keberagaman lingkungan sekitar terhadap peserta didik kelas VII H SMP Negeri 40 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film Dokumenter Semesta, Hasil Belajar. Media Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:39
Last Modified: 20 Dec 2024 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66444

Actions (login required)

View Item View Item