PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 WERU KABUPATEN CIREBON


Ririen Fitri Harningsih, 3601418011 (2022) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 1 WERU KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601418011_Ririen Fitri Harningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap minat belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Weru Kabupaten Cirebon. Media Quizizz adalah media belajar yang diakses secara daring berbasis game edukasi, media yang dapat membawa multipermainan ke dalam kelas dan dapat menciptakan suasana kelas menjadi lebih interaksional dan juga menyenangkan. Peran minat belajar dalam penentuan hasil belajar sangat penting, di mana peserta didik yang memiliki minat terhadap kegiatan belajarnya tinggi maka akan hasil belajar yang didapat juga akan tinggi. Minat dalam belajar menggiring peserta didik untuk berubah ke arah yang lebih baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian ekperimen. Bentuk metode eksperimen yang digunakan yakni Quasi Experimental Design, penelitian yang dapat mengontrol semua variabel luar yang dapat mempengaruhi jalannya eksperimen. Desain penelitian ekperimental yang digunakan yakni Pretest-Posttest Control Group Desaign. Pada desain ini sampel merupakan dua kelompok yang dipilih secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket minat belajar. Angket minat belajar digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Proses pembelajaran menggunakan media Quizizz berjalan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat untuk rata-rata nilai untuk penerapan media Quizizz yang diterapkan pada kelas eksperimen sebesar 4,08 masuk dalam kategori tinggi, (2) Pada kelas eksperimen yang dilakukan perlakuan yaitu pembelajaran IPS dengan menggunakan media Quizizz mengalami peningkatan minat belajar yaitu sebelum menggunakan Quizizz hasil rata-rata minat belajarnya hanya 3,32, sedangkan sesudah menggunakan Quizizz hasil rata-rata minat belajarnya meningkat menjadi 3,91, dan (3) Media pembelajaran sebagai salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi minat belajar peserta didik. Penerapan media tersebut dalam pembelajaran IPS kelas VIII menunjukan hal yang signifikan. Meningkatnya minat belajar peserta didik tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penerapan media pembelajaran Quizizz terhadap minat belajar perserta didik. Maka, media Quizizz secara efektif dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Quizizz, Minat Belajar, Pembelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:20
Last Modified: 20 Dec 2024 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66431

Actions (login required)

View Item View Item