IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 4 CEPIRING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP


Nurul Faiq, 3601417080 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 4 CEPIRING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601417080_Nurul Faiq.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring dan kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di SMP N 04 Cepiring menggunakan media whatsapp. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, Triangulasih teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 04 Cepiring menggunakan Media WhatsApp, sebagai berikut: perencanaan: menggunakan RPP darurat namun tetap beracuan pada RPP induk yang telah ada. RPP darurat merupakan garis besar apa saja yang akan dilakukan selama proses belajar-mengajar daring berlangsung. Pelaksanaan: Selama pandemi covid-19 pembelajaran masih tetap berlangsung dengan menerapkan pembelajaran dari jarak jauh dengan menggunakan grub WhatsApp. Setiap kelas memiliki grub pembelajaran masing-masing yang diatur oleh guru kelas masing�masing. Lewat grub tersebut guru memberikan materi, tugas, dan informasi. Evaluasi: meliputi nilai tugas yang dikerjakan peserta didik, kehadiran dan keaktifan peserta didik walaupun saat pembelajaran daring. Untuk penilaian bagi anak yang tidak tuntas diberlakukan mengikuti remidial yang sudah disepakati. (2) Kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS di SMP N 04 Cepiring, sebagai berikut: Kelebihan: Siswa mempunyai waktu yang lebih fleksibel, wawasan pengetahuan yang lebih luas, dapat mengakses materi lebih mudah. Kekurangan: Keterbatasan kuota internet, minimnya pengawasan dalam belajar, pemahaman terhadap materi kurang, lemahnya interaksi antar peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPS, Media WhatsApp.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:10
Last Modified: 20 Dec 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66428

Actions (login required)

View Item View Item