HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS PADA REMAJA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE
Resatyana Eldra Novera, 1511417027 (2022) HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS PADA REMAJA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan e-commerce terus meningkat di Indonesia, salah satunya adalah Shopee. Dengan semakin berkembangan nya e-commerce tentu saja akan menimbulkan Customer Engagement. Customer engagement dapat menyebabkan beberapa hasil yang menguntungkan untuk merek dan perusahaan di luar niat membeli kembali. Hasil ini termasuk memposting suka dan review di online dan social media. Online reviews menjadi sumber informasi yang kian penting bagi pembeli serta berdampak sebanyak 20-50% dalam keputusan pembelian online. Sebagian besar pembeli secara khusus masuk ke situs web online untuk memeriksa ulasan sebagai bagian dari perjalanan evaluasi produk mereka. Ulasan tersebut memainkan peranan penting dalam memengaruhi pilihan pembeli atas produk dan layanan. Oleh karena itu, online reviews berdampak pada bisnis beberapa perusahaan dalam platform multi-sisi seperti marketplace shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara customer engagement dengan online customer reviews pada remaja pengguna aplikasi Shopee. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah remaja usia 18-21 tahun yang menggunakan aplikasi shopee di Jakarta dan pernah berbelanja minimal 1x di shopee. Skala customer engagement terdiri dari 20 aitem dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,830. Sedangkan pada skala online customer reviews terdiri dari 17 aitem dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,847. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan customer engagement dan online customer reviews pada remaja pengguna aplikasi shopee berada pada kategori sedang, serta ada hubungan yang positif signifikan antara customer engagement dengan online customer reviews pada remaja pengguna aplikasi shopee. Sehingga apabila customer engagement tinggi, maka online customer reviews juga akan tinggi, begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer engagement, Online Customer Reviews, Remaja |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:15 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |