Pembelajaran Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) didukung Multimedia Interaktif di SMP N 1 Sumowono


Rani Apriliyanasari , 4401406595 (2011) Pembelajaran Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) didukung Multimedia Interaktif di SMP N 1 Sumowono. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) didukung Multimedia Interaktif di SMP N 1 Sumowono]
Preview
PDF (Pembelajaran Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) didukung Multimedia Interaktif di SMP N 1 Sumowono) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap materi sistem peredaran darah manusia sulit dipelajari. Hal ini berarti bahwa guru harus mampu menarik minat dan hasrat ingin tahu siswa terhadap materi. Model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) mampu membangkitkan motivasi siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) didukung multimedia interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di SMP N 1 Sumowono. Penelitian dilakukan dengan Pre test - Post test Control Group Design. Populasinya siswa kelas VIII semester gasal SMP N 1 Sumowono diambil dua kelas sampel secara random sampling yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa, aktivitas siswa, hasil belajar, tanggapan siswa dan guru terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, motivasi belajar siswa kelas eksperimen (2,88) lebih baik dibanding kelas kontrol (2,48), sedangkan keaktifan siswa di kelas eksperimen (82%) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (64%), dan rata-rata nilai post test kelas eksperimen 7,5 sedangkan kelas kontrol 6,1. Hasil analisis uji t test menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara sangat signifikan dibanding kelas kontrol. Guru telah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan RPP. Siswa menyatakan pernyataan sangat setuju sebanyak 33 siswa (100%) dengan pembelajaran yang dilakukan pada kelas eksperimen. Guru menyatakan terkesan dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan model ARCS didukung multimedia interaktif. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran sistem peredaran darah pada manusia dengan model ARCS didukung multimedia interaktif dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Sumowono.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model ARCS, Multimedia Interaktif, dan Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 04:50
Last Modified: 25 Apr 2015 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item