REBRANDING KAWASAN PUSAT KULINER LOKAL KOPLAKAN DALAM MENDUKUNG PARIWISATA KABUPATEN BLORA
Riska Deviana Novitasa, 3401417036 (2023) REBRANDING KAWASAN PUSAT KULINER LOKAL KOPLAKAN DALAM MENDUKUNG PARIWISATA KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan semula berfungsi sebagai pangkalan delman yang dikembangkan menjadi kawasan pusat kuliner lokal melalui rebranding. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui bentuk rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan, 2) mengetahui partisipasi Paguyuban Pedagang Koplakan dalam rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan, 3) mengetahui dampak rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan bagi pariwisata Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini dianalisis menggunakan konsep partisipasi masyarakat oleh Cohen dan Uphoff. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan berupa perubahan secara fisik dan perubahan non-fisik 2) Partisipasi masyarakat dalam rebranding berupa kehadiran Paguyuban Pedagang Koplakan dalam rapat, sosialisasi daftar harga, promosi mandiri, bergabung dalam aplikasi Grab Food, mengutamakan keramahan dan citarasa. 3) Dampak rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan bagi pariwisata Kabupaten Blora yaitu sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah, memberikan keuntungan ekonomi bagi pedagang, tujuan wisata kuliner, kesempatan bagi content creator lokal untuk mengeksplorasi Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan serta mengembalikan citra positif kawasan tersebut. Dari penelitian ini, saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Pemerintah dapat mendukung rebranding melalui promosi dan iklan. 2) Paguyuban Pedagang Koplakan dapat mengadakan pertemuan rutin guna mengembangkan Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan. 3) Masyarakat Blora dapat memberikan dukungan bagi rebranding dengan berwisata kuliner di Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuliner Koplakan, Pariwisata, Rebranding |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JF Political institutions (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 10:32 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 10:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |