PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Ifatul Mu’awanah, 2101418085 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Modul pengayaan merupakan bahan ajar yang berisi tujuan pembelajaran, bahan dan kegiatan untuk mencapai tujuan, serta memuat evaluasi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang disusun secara jelas dan terstruktur agar mudah dipelajari siswa secara mandiri, bersifat memperluas serta memperdalam wawasan siswa mengenai materi yang telah dipelajari dan dituntaskan. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap beberapa pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia didapatkan keterangan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antar peserta didik, ada yang telah menuntaskan pembelajaran menyusun teks eksplanasi ada pula yang belum memahami cara menyusun teks eksplanasi, sehingga peserta didik dan pendidik membutuhkan materi yang lebih rinci terkait pembelajaran menyusun teks eksplanasi sebagai sumber belajar yang menambah pemahaman serta wawasan peserta didik terhadap teks eksplanasi. Akan tetapi, ketersediaan sumber belajar teks eksplanasi masih sangat minim. Selain kebutuhan sumber belajar teks eksplanasi, dibutuhkan pula pengintegrasian muatan nilai karakter dalam sumber belajar tersebut. Muatan yang akan ditampilan yaitu muatan karakter peduli sosial. Hal ini dilihat dari maraknya fenomena sosial dan kenakalan yang dilakukan oleh remaja atau pelajar. Muatan karakter peduli sosial adalah muatan penting yang membuat perilaku peserta didik berubah untuk membangun karakter yang baik sesuai dengan pancasila. Maka melalui pengembangan modul pengayaan menyusun teks eksplanasi ini dapat membantu peserta didik untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang dapat dilakukan secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan modul pengayaan, 2) menyusun prototipe modul pengayaan,3) memaparkan hasil uji validasi dosen ahli terhadap prototipe modul pengayaan, dan 4) memperbaiki prototipe berdasarkan hasil uji validasi dosen ahli terhadap modul pengayaan. Hingga akhirnya penelitian ini menghasilkan sumber belajar berupa modul pengayaan pada materi menyusun teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial bagi peserta didik SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan yang diadopsi dari teori Prof. Sugiyono yang meliputi beberapa tahapan, yakni 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Data dari penelitian ini berupa informasi data kebutuhan terhadap prototipe pengembangan modul pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial berupa skor kecenderungan kebutuhan yang didapat melalui penyebaran angket dan wawancara kepada pendidik dan peserta didik SMP Kelas VIII dan informasi data uji validasi prototipe modul pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial berupa skor kecenderungan validasi yang dilakukan oleh validator yaitu dosen ahli. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket kebutuhan, dan angket validasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif, yaitu melalui pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik menunjukkan bahwa peserta didik dan pendidik membutuhkan modul pengayaan modul pengayaan teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial, 2) prinsip penyusunan modul pengayaan meliputi aspek materi/isi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, serta aspek grafika, 3) pengembangan prototipe modul pengayaan teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial bagi peserta didik SMP kelas VIII yang terdiri atas tiga kegiatan belajar, Kegiatan Belajar 1 yakni menelaah teks eksplanasi bermuatank karakter peduli sosial, Kegiatan Belajar 2 Menyusun teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial, dan Kegiatan Belajar 3 Mengevaluasi teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial, dna 4) hasil uji validasi prototipe modul pengayaan diperoleh skor sebesar 77,12 % dengan rincian aspek materi/isi 81,25%, aspek penyajian 80,36%, aspek bahasa dan keterbacaan sebesar 71,88%, dan aspek grafika sebesar 75%, perolehan ini berarti modul pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan karakter peduli sosial baik dan layak untuk digunakan. 5) hasil perbaikan meliputi (1) aspek materi/isi untuk memfokuskan Kegiatan Belajar 1 terhadap teori, Kegiatan Belajar 2 terhadap pelaksanaan konsep teori, dan Kegiatan Belajar 3 terhadap evaluasi, (2) aspek penyajian untuk memperbaiki tanda baca pada petunjuk penggunaan, tata letak penomoran dalam daftar isi, memperbaiki kesesuaian bulleting, (3) aspek bahasa dan keterbacaan untuk memperbaiki penggunaan tanda baca dan perbanyak kalimat interaksi serta arahan kepada pembaca, dan (4) aspek grafika untuk memperbaiki sampul modul pengayaan mulai dari warna dan tata letak gambar ilustrasi, kemudian mengubah jenis dan ukuran huruf, memperbaiki tata letak dan penomoran modul bagian awal. Dari penelitian yang telah dilakukan, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bentuk kontribusi dalam dunia pendidikan khususnya dalam bidang pengembangan bahas ajar, terkhusus modul pengayaan menyusun teks eksplanasi. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas pemahaman peserta didik dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi serta memperkaya sumber informasi dalam menanamkan karakter peduli sosial.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Modul Pengayaan, Menyusun, Teks Eksplanasi, Karakter Peduli Sosial |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:57 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 04:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |