Studi Koperasi Mahasiswa UNNES Dalam Strategi Pemasaran Beserta Hambatanya Terhadap Pesaing Ritel.


Benni Wicaksono , 7101407296 (2011) Studi Koperasi Mahasiswa UNNES Dalam Strategi Pemasaran Beserta Hambatanya Terhadap Pesaing Ritel. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Koperasi Mahasiswa UNNES Dalam Strategi Pemasaran Beserta Hambatanya Terhadap Pesaing Ritel]
Preview
PDF (Studi Koperasi Mahasiswa UNNES Dalam Strategi Pemasaran Beserta Hambatanya Terhadap Pesaing Ritel) - Submitted Version
Download (492kB) | Preview

Abstract

Koperasi mahasiswa atau KOPMA UNNES merupakan koperasi yang beroprasi di kawasan perguruan tinggi. Seiring dengan moderenisasi dan pertumbuhan jaman KOPMA mulai kewalahan dengan mengatasai pesaingpesaing yang berada di sekitar kampus UNNES. Sehingga terjadi penurunan total omzet penjualan dari tahun 2009-2010 sebanyak Rp 13.938.712,- makadariitu peneliti berusaha mengaitkan dengan strategi pemasaran yang sedang dijalankan oleh KOPMA UNNES sekarang. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : pertama Strategi Pemasaran apa yang digunakan sebagai peranannya terhadap pesaing ritel KOPMA. kedua, hambatan apakah yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja dan Keberhasilan Usaha KOPMA UNNES, dan ketiga upaya apakah yang dilakukan KOPMA di dalam mengatasi hambatan tersebut. Tujuan dari penelitia ini adalah: pertama untuk mengetahui strategi pemasaran yang di gunakan dalam mehgalau pesaing ritel. kedua, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi KOPMA UNNES, dan ketiga untuk mengetahui upaya yang dilakukan KOPMA dalam mengatasi hambatan tersebut. Dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah denganpendekatan dan metode kualitatif yang berfokus pada Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh KOPMA sehubungan dengan adanya pesaing ritel, hambatan yangdihadapi KOPMA dalam Kinerja dan Bisnis yang dijalankan dan upaya yang dilakukan KOPMA UNNES di dalam mengatasi hambatan tersebut guna keberhasilan unit Usaha KOPMA. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya tiga penyebab menurunya total omzet penjualan pada tahun 2009-2010. Pertama dikarenakan banyaknya investasi untuk membuka lahan usaha baru yaitu warnet. Kedua pendapatan dari peminjaman toga yang menurun danketiga adanya pesaing yang banyak mengakibatkan menurunya penjualan produk, hambatan KOPMA dalam bidang usaha datang dari faktor internal pengurus dan eksternal penerapan pemasaran yang kurang tepat. Berdasarkan penelitian yang sudah terlaksana, jelas Sekali KOPMA belum menerapkan strategi pemasaran dengan sistem SWOT untuk mengatasi para pesaing usaha dan juga dalam meningkatkan omzet penjualanya, saran yang dapat diajukan KOPMA semestinya mulai merubah strategi pemasaran dengan gaya Red ocean strategy yang bersaing di tingkat harga, dan beralih ke Blue ocean strategy dimana tertuju ke pengembangan inovasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Hambatan, Pesaing Ritel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 05:43
Last Modified: 25 Apr 2015 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6632

Actions (login required)

View Item View Item