ANALISIS POLA PEMECAHAN MASALAH DINAMIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA


Fitria Widi Astutik, 4201414022 (2022) ANALISIS POLA PEMECAHAN MASALAH DINAMIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201414022 - Fitria Widi Astutik.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi pembelajaran abad�21 dan kurikulum 2013, serta merupakan salah satu tujuan pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola dan kemampuan pemecahan masalah dinamika pada mahasiswa pendidikan fisika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Negeri Semarang angkatan 2014. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis. Analisis pola pemecahan masalah dilakukan berdasarkan pedoman tahapan pemecahan masalah menurut Polya (1973) yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Sedangkan analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan rubrik penilaian kemampuan pemecahan masalah menurut Polya (1973). Berdasarkan hasil analisis, pola pemecahan masalah mahasiswa terbagi menjadi 3 tipe, yaitu: pola pemecahan masalah tipe 1, dengan memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan menentukan hasil. Tipe 2 dengan menganalisis data awal, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, menentukan hasil, dan menyimpulkan. Tipe 3 dengan memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menganalisis, melaksanakan pemecahan masalah, menentukan hasil, memeriksa kembali, dan menyimpulkan. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dikategorikan ke dalam kriteria sangat tinggi sebanyak 13,3%, kriteria tinggi sebanyak 33,3% dan kriteria cukup sebanyak 53,3%. Secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2014 dalam kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola pemecahan masalah, kemampuan pemecahan masalah, dinamika.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:45
Last Modified: 13 Dec 2024 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66253

Actions (login required)

View Item View Item