PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN GROBOGAN DALAM TIPOLOGI PEDESAAN DAN PERKOTAAN (STUDI KASUS PASAR SEDADI DAN PASAR PURWODADI)


RICKI RIANDOKO, 3312414031 (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN GROBOGAN DALAM TIPOLOGI PEDESAAN DAN PERKOTAAN (STUDI KASUS PASAR SEDADI DAN PASAR PURWODADI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3312414031 - Ricki Riandoko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pasar tradisional merupakan wujud paling dasar dari sistem ekonomi kerakyatan. Hal ini disampaikan dengan peran pasar sebagai tempat jual-beli bagi masyarakat secara swadaya dari hasil kelola masyarakat. Akibatnya timbul penggolongan pada pasar yang berbeda sesuai dengan latar belakang mata pencaharian masyarakat yang berada disekitar pasar. Penelitian ini berlangsung di Pasar Sedadi dan Pasar Purwodadi, perbedaan pasar ini yang mempengaruhi persepsi masyarakat dalam menilai kualitas suatu pasar. Berdasarkan indikator akses, kenyamanan, kebersihan, keamana, fasilitas, ketersediaan, dan cuaca, dapat dijelaskan bahwa persepsi masyarakat di Kabupaten Grobogan terhadap Pasar Tradisional di Pasar Sedadi dan Pasar Purwodadi menunjukkan tingkat kepuasan konsumen yang berbeda. Kedua pasar tradisional ini akan menjadi bahan studi kasus dalam mencari perbandingan persepsi suatu kelompok golongan masyarakat dalam menilai suatu kualitas dalam suatu pasar. Hal selanjutnya merupakan hasil penggolongan yang muncul dalam masyarakat sebagai pasar pedesaan dan pasar perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi masyarakat terhadap kualitas pasar tradisional di Pasar Sedadi dan Pasar Purwodadi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan kualitas pasar tradisional di tipologi pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data sebagai angket kuesioner yang kemudian akan dihitung menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi yang akan dibantu dengan alat hitung Ms. Office Excel 2016. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini merupakan perbedaan persepsi yang dapat dibaca dari tujuh buah indikator yang telah di berikan dalam angket yang di sebarkan dalam proses penelitian. Saran yang dapat diberikan merupakan sebuah pengelolaan terpusat yang lebih terstruktur dalam satu standar yang dapat diberikan pemerintah kepada pengelola pasar sehingga perkembangan pasar pedesaan dapat mengejar kemajuan pasar perkotaan. Saran yang dapat diberikan kepada komunitas dan pebisnis adalah penciptaan suatu kultur yang akan mendorong suatu perkembangan pasar pedesaan sebagai objek wisata selain sebagai tempat jual beli suatu perekonomian kerakyatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pasar Tradisional, Kualitas Pasar.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:09
Last Modified: 13 Dec 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66235

Actions (login required)

View Item View Item