PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TANDANG TERHADAP REVITALISASI PASAR KEDUNG MUNDU KOTA SEMARANG
INDAH SUCI FATMAWATI, 3312416044 (2023) PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TANDANG TERHADAP REVITALISASI PASAR KEDUNG MUNDU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Persepsi masyarakat dalam revitalisasi memiliki peran penting terhadap keberlangsungan hidup di Pasar Kedung Mundu. Pasar ini merupakan salah satu penegak ekonomi masyarakat di wilayah tersebut. Revitalisasi dilakukan sebagai upaya untuk mendukung eksistensi Pasar Tradisional agar mendapat persepsi yang baik dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyaratkat Kelurahan Tandang terhadap revitalisasi Pasar Kedung Mundu Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu gabungan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan lokasi penelitian di Pasar Kedung Mundu, Kota Semarang. data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap Masyarakat Kelurahan Tandang sedangkan data skunder diperoleh melalui dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara secara langsung, angket kuisioner, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini sebanyak 99 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert menggunakan pilihan “Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, dan Tidak Sangat Setuju”. Hasil penelitian ini ini menunjukan bahwa sebagian besar Masyarakat Kelurahan Tandang memiliki persepsi yang baik terhadap revitalisasi Pasar Kedung Mundu. Hal ini bisa dilihat dari 3 tahapan yaitu Intervensi Fisik dilihat dari segi bangunan Pasar Kedung Mundu mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 74%, lalu Mushola mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 74%, sedangkan WC Umum juga mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 70% dan Tempat Parkir juga mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 67%. Selanjutnya dalam Tahapan Rehabilitas Ekonomi pendapatan memperoleh persepsi yang baik dengan hasil 70% dan dalam kebutuhan mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 69%, pada tahapan ini para pedagang di Pasar Kedung Mundu mengalami peningkatan setelah adanya revitalisasi ini. Tahapan Revitalisasi Sosial/Intitusional juga mendapatkan persepsi yang baik dari masyarakat Kelurahan Tandang dalam segi Suasana Pasar mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 69%, Kenyamanan pasar mendapatkan persepsi yang baik dengan hasil 70% dan Lingkungan Pasar mendapatkan persepsi yang baik denga hasil 69% sehingga para pengunjung dan pedagang merasakan kenyamanan ketika berbelanja di Pasar Kedung Mundu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Revitalisasi, Pasar Kedung Mundu. |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JF Political institutions (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 04:35 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 04:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |