PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Wahyu Widyaningrum, 4301418030 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301418030_Wahyu Widyaningrum_SKRIPSI - Wahyu Widyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini telah dilakukan untuk menganalisis pengaruh penerapan model blended problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan karena dalam kelas materi pembelajaran hanya terpusat pada guru dan kurangnya berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Metodelogi penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, lembar angket, lembar soal, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh tidak terjadi pengaruh penerapan model blended problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Hasil penilaian kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan data tes akhir (posttest). Tipe soal berupa pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Kedua kelas menerapkan model Problem Based Learning. Kelas Eksperimen dilakukan dengan Blended sedangkan kelas kontrol dilakukan biasa tanpa blended (full daring). Nilai rata rata posttest untuk kelas eksperimen adalah sebesar 70,00. Pada kelas kontrol rata rata nilai posttest sebesar 70,30. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan korelasi biserial didapatkan bahwa tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Perlakuan yang dilakukan dimasing- masing kelas ini tidak ada pengaruh yang signifikan serta hal ini sesuai Ho. Berdasarkan penelitian pembelajaran problem-based learning dapat dilakukan menggunakan blended dan daring karena keduanya mempunyai hasil akhir yang sama berdasarkan hasil posttest serta dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: blended, problem-based learning, kemampuan berpikir kritis, larutan penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:10
Last Modified: 04 Dec 2024 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66144

Actions (login required)

View Item View Item