PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI


Nuzulia Qur’aina, 4301418060 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301418060_Nuzulia Qur'aina_.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 diutamakan berfokus pada student center. Pembelajaran akan terus berkembang menyesuaikan zaman, kebutuhan, dan keadaan. Di zaman sekarang keterampilan berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam segala bidang terutama dalam mengikuti perkembangan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan model Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas X MIPA 1 dan 36 siswa X MIPA 4 SMAN 12 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan lembar observasi, lembar angket respon siswa, dan instrument tes berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil analisis proses berpikir kreatif siswa diperoleh presentase sebesar 78,83% termasuk dalam kategori kreatif. Hasil analisis berpikir kreatif siswa pada instrument tes diperoleh presentase sebesar 73,06% di mana termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikategorikan kreatif dikarenakan disetiap indikator memiliki hubungan antara langkah CPS dengan proses kreatif yang telah dikemukakan oleh penelitian terdahulu. Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif dengan persentase sangat setuju sebesar 11,11% dan setuju sebesar 61,39%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi stoikiometri. Fasilitator dibutuhkan dalam menerapkan model pembelajaran CPS ini, karena dalam penerapannya siswa perlu beberapa arahan agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Dalam perangkat pembelajaran dan pelaksanaannya perlu ditambah lagi untuk materi hukum dasar kimia juga video pembelajaran yang dapat merangsang siswa, dan perintah dalam perangkat pembelajaran perlu diperjelas lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, CPS, berpikir kreatif, stoikiometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:58
Last Modified: 04 Dec 2024 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66141

Actions (login required)

View Item View Item