PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS (Studi pada Konsumen Scarlett di Kota Semarang)


ISNA MAHMUNISA, 7311419219 (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS (Studi pada Konsumen Scarlett di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311419219_Isna Mahmunisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Social Media Marketing dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness. Populasi penelitian ini adalah konsumen Scarlett di Kota Semarang dengan sampel 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling melalui Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Patrial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan Influencer Marketing dan Brand Awareness berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Social Media Marketing berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Social Media Marketing dan Influencer Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Influencer Marketing dan Brand Awareness memiliki pengaruh pada Keputusan Pembelian. Social Media Marketing tidak berpengaruh pada Keputusan Pembelian, namun ketika ditambahkan variabel Brand Awareness dihasilkan pengaruh signifikan, sehingga dapat memediasi Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Brand Awareness dapat memediasi Influencer Merketing terhadap Keputusan Pembelian. Saran bagi perusahaan untuk menanggapi keluhan konsumen di media sosial secara optimal dan memaksimalkan Brand Awareness agar meningkatkan keputusan pembelian. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian berkelanjutan dengan objek yang sama dan menambahkan variabel bebas lain yang bisa mempengaruhi variabel terikat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Influencer Marketing, Keputusan Pembelian, Brand Awareness
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:01
Last Modified: 02 Dec 2024 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66112

Actions (login required)

View Item View Item