PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Layanan Grab Food di Jawa Tengah)


Dodi Slamet Rahaji, 7311418209 (2023) PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Layanan Grab Food di Jawa Tengah). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418209_DODI SLAMET RAHAJI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Layanan pesan antar makanan menjadi salah satu fitur unggulan pada beberapa aplikasi jasa yang menghadirkan layanan pesan antar makanan secara daring. Kemudahan akses penggunaan dan peningkatan kualitas layanan menjadi hal utama yang dapat mempengaruhi dalam menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Setelah sukses menarik konsumen, maka keberhasilan bisnis dapat terjadi ketika penjualan meningkat dan konsumen percaya terhadap perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel trust dalam memediasi variabel perceived ease of use dan service quality terhadap purchase decision. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna layanan pesan antar makanan GrabFood di Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Service quality berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap purchase decision. Perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap trust. Service quality berpengaruh positif signifikan terhadap trust. Perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision melalui trust (full mediation). Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision melalui trust (partial mediation). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah service quality tidak berpengaruh terhadap purchase decision, namun ketika ditambahkan trust dihasilkan pengaruh signifikan, sehingga trust dapat memediasi pengaruh service quality terhadap purchase decision. Perceived ease of use berpengaruh terhadap purchase decision, ketika ditambahkan variabel trust muncul hasil yang sama yaitu perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap purchase decision melalui trust. Hal ini menunjukkan bahwa variabel trust memiliki pengaruh yang penting dalam hubungan perceived ease of use dan service quality terhadap purchase decision. Saran bagi perusahaan untuk meningkatkan akses kemudahan penggunaan fitur agar lebih lengkap dan mudah digunakan. Fitur yang lengkap dan sistem aplikasi yang mudah dimengerti oleh konsumen dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan sehingga perusahaan harus meningkatkan kualitas layanan dan keunggulan sesuai kebutuhan pelanggan. Bagi peneliti selanjutnya apabila ingin tetap menggunakan variabel service quality, peneliti dapat lebih memperhatikan indikator dari variabel service quality atau mengganti variabel dependennya seperti purchase intention, intention to use, e-customer satisfaction dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perceived ease of use, service quality, trust, purchase decision
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:41
Last Modified: 02 Dec 2024 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66095

Actions (login required)

View Item View Item