PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, VISUAL MERCHANDISING DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Di Kota Semarang)
Muhammad Rafi Akbar Putra, 7311418179 (2023) PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, VISUAL MERCHANDISING DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model konseptual secara empirik bagaimana shopping lifestyle, visual merchandising, dan sales promotion dapat mempengaruhi impulsive buying dengan variabel positive emotion sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Matahari Department Store Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 sampel dengan Teknik pengambilan sampel nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Partial Least-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle, visual merchandising, sales promotion, dan positive emotion berpengaruh positif signifikan terhadap impulsive buying. Positive emotion dapat memediasi pengaruh shopping lifestyle terhadap impulsive buying. Positive emotion dapat memediasi pengaruh visual merchandising terhadap impulsive buying. Positive emotion dapat memediasi pengaruh sales promotion terhadap impulsive buying. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah shopping lifestyle, visual merchandising, dan sales promotion berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap impulsive buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan harus memperhatikan perilaku konsumen yang menjadi sasaran mengenai trend fashion yang sedang diminati dan lebih memperhatikan penerangan yang sesuai dengan lingkungan toko, serta penataan produk yang menarik sehingga dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengganti variabel atau indikator dan melakukan penelitian dengan objek yang berbeda pada department store lainnya dan konsumen pada kota lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shopping Lifestyle, Visual Merchandising, Sales Promotion, Impulsive Buying, Positive Emotion |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:36 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66091 |
Actions (login required)
View Item |