IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 SEMARANG
Amalia Nur Cahyani, 3301418025 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi akan pentingnya karakter tanggung jawab dalam membentuk pribadi peserta didik yang baik. Oleh karena itu, pendidikan karakter Tanggung jawab pada satuan pendidikan harus terus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi pendidikan karakter Tanggung jawab di SMP Negeri 20 Semarang; serta 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Fokus penelitiannya yaitu implementasi pendidikan karakter Tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn dengan meliputi manajemen sekolah, dan pengembangan diri, serta faktor pendukung dan penghambat. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter Tanggung jawab di SMP Negeri 20 Semarang diimplementasikan secara terpadu pada pembelajaran PPKn. Pada pembelajaran PPKn dilaksanakan dari; 1) tahap perencanaan, guru menyusun SILABUS dan menyusun RPP yang memuat karakter Tanggung jawab, 2) tahap pelaksanaan, guru menerapkan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung dengan memberi contoh perilaku Tanggung jawab guru dengan memberi tugas dan mengumpulkan tepat waktu, dan 3) tahap evaluasi, guru menggunakan teknik pengamatan sikap, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik (tugas kelompok), dan jurnal (form penilaian). Adapun faktor pendukung meliputi; 1) motivasi, 2) membuat lingkungan yang positif. Faktor penghambat; 1) situasi dan kondisi sekolah yang terdampak banjir, 2) faktor keluarga. Saran dari peneliti yaitu: 1) Kepada Sekolah, hendaknya menyelenggarakan kegiatan terprogram dalam penguatan pendidikan karakter Tanggung jawab. 2) Bagi Pendidik, penilaian hasil belajar sebaiknya dilaksanakan dalam tiga ranah dan tetap mengindahkan pentingnya menghargai sebuah proses dibandingkan hanya melihat hasil. 3) Bagi Peserta didik, diharapkan meningkatkan antusiasme, dan berperan aktif dalam mendukung upaya pendidikan karakter tanggung jawab yang diterapkan. 4) Bagi Pemerintah, melakukan sosialisasi terhadap pengembangan program dalam pengutan karakter tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter Tanggung jawab, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:35 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66090 |
Actions (login required)
View Item |