PENGARUH CONTENT MARKETING, BRAND IMAGE, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Restoran Ayam Keprabon, Surakarta)
Alvian Pratama, 7311418069 (2023) PENGARUH CONTENT MARKETING, BRAND IMAGE, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Restoran Ayam Keprabon, Surakarta). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan yang terjadi di berbagai bidang pada era globalisasi ini membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Sektor Industri food and beverage adalah salah satu sektor usaha yang memiliki pertumbuhan yang cukup pesat. Oleh sebab itu penting bagi seorang pemasar mengetahui faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh content marketing, brand image, dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada konsumen Restoran Ayam Keprabon Surakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen Restoran Ayam Keprabon Surakarta yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan sebanyak 115 responden menggunakan teknik purpose sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah analisis regresi menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, diikuti dengan kualitas produk yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Minat beli juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta dapat memediasi hubungan content marketing, brand image, dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Restoran Ayam Keprabon Surakarta. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa content marketing dan inovasi produk dan minat beli memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, namun brand image tidak memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan perhitungan total pengaruh koefisien jalur, minat beli mampu memediasi hubungan semua variabel independen dengan variabel dependen. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperluas ruang lingkup penelitian yang tidak hanya berlaku pada satu lokasi penelitian seperti Restoran Ayam Keprabon Surakarta, sehingga dapat memberikan pandangan yang luas dan dapat diimplementasikan secara umum.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, Brand Image, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, Minat Beli |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:03 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66068 |
Actions (login required)
View Item |