PENGARUH PROMOSI, DISKON, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING (Studi pada konsumen thrifting di Instagram Alishastore2015)
Silvi Emita, 7311418020 (2023) PENGARUH PROMOSI, DISKON, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING (Studi pada konsumen thrifting di Instagram Alishastore2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk meningkatkan pendapatan, perusahaan dapat memanfaatkan impulse buying. Impulse buying menjadi perilaku konsumen yang menarik untuk perusahaan. Alishastore2015 merupakan toko pakaian yang telah melakukan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan impulse buying. Peneliti bermaksud menguji pengaruh promosi, diskon, dan electronic word of mouth terhadap impulse buying melalui social media marketing. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen Alishastore2015, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan Teknik accidental sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 101 responden. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Diskon berpengaruh positif dan signifikan impulse buying. Electronic word of mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap impulse buying. Sosial media marketing dapat memediasi promosi terhadap impulse buying. Sosial media marketing tidak dapat memediasi diskon terhadap impulse buying. Sosial media marketing tidak dapat memediasi electronic word of mouth terhadap impulse buying. Simpulan dari penelitian ini adalah peran variabel sosial media marketing dibutuhkan dalam memediasi hubungan promosi terhadap impulse buying. Sedangkan peran sosial media marketing tidak dibutuhkan dalam memediasi hubungan diskon dan electronic word of mouth tehadap impulse buying. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk mencoba menggunakan variabel lain seperti hedonic shopping value, shopping lifestyle dan positive emotion sebagai variabel intervening. Serta peneliti ingin menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mencoba penelitian dengan objek yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:53 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66060 |
Actions (login required)
View Item |