PENGARUH PERCEIVED SECURITY, PERCEIVED REPUTATION, DAN PERCEIVED CELEBRITY ENDORSER CREDIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER TRUST PADA KONSUMEN LAZADA


Rizky Anomsary, 7311418003 (2023) PENGARUH PERCEIVED SECURITY, PERCEIVED REPUTATION, DAN PERCEIVED CELEBRITY ENDORSER CREDIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER TRUST PADA KONSUMEN LAZADA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311418003 - Rizky Anomsary.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan e-commerce yang semakin pesat mendorong berbagai e�commerce untuk bersaing dalam mendapatkan konsumen. Salah satu indikator keberhasilan perusahaan adalah ketika transaksi mengalami peningkatan. Peningkatan transaksi di e-commerce diawali dengan munculnya minat beli dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh perceived security, perceived reputation, perceived celebrity endorser credibility terhadap purchase intention melalui customer trust. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Lazada dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, yaitu convenience sampling. Metode analisis sampel menggunakan software statistik IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived security berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Perceived reputation berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Perceived celebrity endorser credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Perceived security berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui customer trust. Perceived reputation berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui customer trust. Perceived celebrity endorser credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui customer trust. Customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa perceived security, perceived reputation, perceived celebrity endorser credibility, dan customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Di samping itu, perceived security, perceived reputation, perceived celebrity endorser credibility juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui customer trust. Saran bagi perusahaan untuk meningkatkan sistem keamanan dari situs dan aplikasi untuk mengurangi risiko dan rasa khawatir dari calon konsumen saat ingin bertransaksi. Perusahaan harus mampu menjamin keamanan transaksi juga data pribadi konsumen dari pihak yang tidak berwenang yang dapat merugikan konsumen. Bagi penelitian selanjutnya dengan obyek penelitian yang sama, peneliti dapat menggunakan variabel lainnya yang diharapkan mampu memberi nilai yang lebih besar dalam mempengaruhi purchase intention, seperti variabel online customer review, rating, perceived privacy, dan lain sebagainya serta dapat menentukan indikator variabel dengan baik sesuai dengan obyek penelitian sehingga dapat menyempurnakan penelitian selanjutnya mengenai faktor yang mempengaruhi minat beli pada e-commerce

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perceived security, perceived reputation, perceived celebrity endorser credibility, purchase intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:51
Last Modified: 02 Dec 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66058

Actions (login required)

View Item View Item