PENGARUH PENGGUNAAN MOODLE BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA SMP TERHADAP LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK
Luthfiyatul Amaliya, 400141804 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MOODLE BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA SMP TERHADAP LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berliterasi digital bukan hanya berguna dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berliterasi digital dalam proses belajar mengajar, diperlukan media ataupun platform yang mendukung. Munculah berbagai jenis platform untuk mendukung proses belajar mengajar, salah satunya yaitu LMS Moodle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LMS Moodle terhadap pemampuan peserta didik serta mengetahui bagaimana tanggapan peserta didik tentang penggunaan LMS Moodle sebagai platform penunjang proses pembelajaran. Penelitian telah dilakukan di SMP Negeri 1 Donorojo tahun pelajaran 2022/2023 dengan sampel yang digunakan yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi experiment yang berbentuk Nonequivalent Control Group. Dimana pengambilan sampel melalui teknik random sampling yang diperoleh dari kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 28. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrument tes kemampuan literasi digital peserta didik dan lembar angket tanggapan terhadap penggunaan LMS Moodle. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LMS Moodle terhadap kemampuan literasi digital pada kelas eksperimen menunjukan hasil sebesar 16,37% artinya terdapat pengaruh positif kepada peserta didik dan hasil Uji N-Gain menunjukan bahwa skor yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,704 artinya berada dalam kriteria tinggi. Dengan rata-rata pada indikator mencari, memahami, dan mengevaluasi informasi melalui perangkat digital masing-masing sebesar 0,71; 0,68; dan 0,66. Sedangkan hasil angket tanggapan memperoleh rata-rata persentase sebesar 76,24% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LMS Moodle dalam pembelajaran IPA berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital peserta didik di SMP Negeri 1 Donorojo dan peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan LMS Moodle dalam proses pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LMS Moodle, kemampuan literasi digital, pembelajara IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 04:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 04:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |