PENGARUH OVERCONFIDENCE, AVAILABILITY, REPRESENTATIVENESS DAN ANCHORING - ADJUSTMENT BIAS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Investor Pemula di Kota Semarang Tahun 2022)


Narendra Hilmy Permana, 7311417180 (2023) PENGARUH OVERCONFIDENCE, AVAILABILITY, REPRESENTATIVENESS DAN ANCHORING - ADJUSTMENT BIAS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Investor Pemula di Kota Semarang Tahun 2022). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311417180_Narendra Hilmy Permana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan investasi yang tepat didasarkan dari pertimbangan yang matang. Investor pada praktiknya selalu berambisi untuk mendapat profit maksimal ketika melakukan investasi. Adanya ambisi yang berlebih untuk selalu meraih profit seringkali membuat keputusan investasi menjadi irasional. Setiap pengambilan keputusan irasional yang diambil dipengaruhi oleh bias-bias psikologi dalam diri investor tersebut akan menimbulkan banyak kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh bias psikologi seperti overconfidence, availability, representativeness, anchoring-adjustment terhadap pengambilan keputusan Investasi bagi investor pemula yang berada di wilayah Kota Semarang. Jumlah sampel sebanyak 153 responden yaitu investor yang bersedia menjawab pada setiap butir item-item pernyataan melalui kuesioner yang dibagikan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini diawali dari uji instumen, analisis data deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Program analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Investasi (Y) yaitu Overconfidence (X1), Representativeness (X3) dan Anchoring-adjustment (X4) sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap Keputusan Investasi (Y) yaitu Availability (X2). Dapat disimpulkan bahwa bias psikologis overconfidence, representativeness dan anchoring-adjustment berpengaruh positif signifikan dan bias psikologis availability tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi dari investor pemula di Kota Semarang. Saran bagi investor pemula untuk lebih berhati-hati dalam menentukan suatu keputusan serta menambah pengetahuan yang berkaitan dengan pasar modal seperti analisis fundamental dan teknikal dalam saham. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan faktor lainnya yang berkaitan dengan keperilakuan yang mungkin dapat mempengaruhi keputusan investasi dari investor pemula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Behavioral Bias, Overconfidence, Availability, Representativeness, Anchoring-adjustment dan Keputusan Investasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2024 04:06
Last Modified: 29 Nov 2024 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66045

Actions (login required)

View Item View Item