PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SCRATCH DENGAN PENERAPAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING SKILL PESERTA DIDIK IPA SMP
Leni Sintawati, 4001418027 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SCRATCH DENGAN PENERAPAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING SKILL PESERTA DIDIK IPA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Problem solving skill merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik. Sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menghendaki bahwa peserta didik perlu ditekankan salah satunya dalam hal pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di SMP Negeri 37 Semarang didapatkan hasil bahwa problem solving skill peserta didik masih tergolong rendah. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran belum interaktif dan belum menekankan indikator problem solving skill. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media interaktif Scratch dengan penerapan gamifikasi, menganalisis peningkatan problem solving skill, serta menganalisis profil problem solving skill setelah menggunakan media interaktif Scratch dengan penerapan gamifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif Scratch dengan penerapan gamifikasi layak berdasarkan hasil validasi oleh pakar dan kelayakan media oleh peserta didik. Media yang dikembangkan memperoleh kriteria valid dari pakar media dan materi dan kelayakan media oleh peserta didik memperoleh capaian 82,73% pada kriteria sangat layak. Berdasarkan nilai rata-rata pretest dan posttest, peningkatan problem solving skill peserta didik pada kriteria sedang dengan nilai N-Gain 0,67. Profil problem solving skill kelas VIII C setelah menggunakan media interaktif Scratch dengan penerapan gamifikasi berada pada kriteria tinggi hingga sangat tinggi dan sebanyak 87,5% peserta didik berada pada kriteria baik hingga sangat baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media interaktif, Scratch, gamifikasi, problem solving skill. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:57 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |