PENGARUH PENGGUNAAN SCIENCE SHORT MOVIE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK


Ilyas Ihyadin, 4001418015 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN SCIENCE SHORT MOVIE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001418015 - Ilyas Ihyadin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang ada. Berdasarkan hasil survei PISA, kemampuan pemecahan masalah peserta didik Indonesia dinilai masih rendah. Hasil observasi di SMP Negeri 1 Comal juga mengindikasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan belum mampu mencukupi kebutuhan pemecahan masalah peserta didik. Di samping itu, film memiliki potensi yang besar untuk digunakan dalam pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya variasi media pembelajaran yang dapat mencukupi kebutuhan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui penerapan film pendek (short movie). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan science short movie terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan menganalisis respon peseta didik terhadap science short movie. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Comal pada bulan Oktober�November 2022. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan science short movie pada pembelajaran dan VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan media buku. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan lembar angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan science short movie. Analisis instrumen menggunakan analisis validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran soal. Analisis data awal menggunakan uji homogenitas untuk menguji sampel. Analisis data akhir dianalisis menggunakan ujii t-test dan N-gain. Angket respon peserta didik dianalisis menggunakan skala likert kemudian diinterpretasikan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji t�test related didapatkan nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: film pendek, media pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:50
Last Modified: 29 Nov 2024 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66036

Actions (login required)

View Item View Item