PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN KONSUMEN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Semarang)
Siti Nur Komalasari, 7311416010 (2023) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN KONSUMEN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku impulsif dapat meningkat jika dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan, kepercayaan , dan kualitas informasi yang tinggi dan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemudahan penggunaan, kepercayaan dana kualitas informasi berpengaruh terhadap impulse buying, serta mengetahui apakah kontrol diri mampu memediasi kemudahan penggunaan, kepercayaan , dan kualitas informasi terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna e-commerce Shopee di Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program statistic SPSSv20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kualita informasi memiliki pengaruh terhadap impulse buying, selanjutnya kontrol diri mempunyai pengaruh negatif terhadap impulse buying. Hasil uji path analisis juga menunjukan bahwa kontrol diri memediasi (reduced) hubungan antara kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap impulse buying. Tinggi rendahnya kemudahan penggunaan, kepercayaan ,dan kualitas informasi mempengaruhi impulse buying pada pengguna e-commerce Shopee. Kontrol diri berpengaruh terhadap impulse buying dan dapat memediasi (reduced) hubungan kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap impulse buying. Saran untuk perusahaan Shopee diharapkan untuk dapat meningkatkan kemudahan penggunaan pada platform mereka dengan memperingkas tampilan dan meringankan aplikasi yang digunakan sehingga tidak terasa berat saat digunakan. Shopee juga diharapkan bisa mempertahankan nilai kepercayaan pelanggan, dengan memberikan security berupa hal standar operasional yang baik, dan Integrity dengan memberikan pelayanan yang fair apabila pengguna mengalami permasalahan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Informasi, Kontrol Diri, Impulse Buying |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:47 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66033 |
Actions (login required)
View Item |