PENGARUH KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMASARAN, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS PEMASARAN (Studi Pada UMKM Batik di Kampung Batik Kota Semarang)


INDRI NUGRAHENI AGUSTYA, 7311416001 (2023) PENGARUH KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMASARAN, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS PEMASARAN (Studi Pada UMKM Batik di Kampung Batik Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311416001_Indri Nugraheni Agustya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada industri kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan, strategi pemasaran, berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah kapabilitas pemasaran mampu memediasi kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan, dan kinerja pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM Batik di Kota Semarang sejumlah 165 UMKM. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 117 responden dengan metodenon probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya kapabilitas pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa kapabilitas pemasaran mampu memediasi hubungan antara kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran mempengaruhi kinerja pemasaran pada UMKM Batik di Kota Semarang. Kapabilitas pemasaran berpengaruh terhadap kinerja pemasaran serta dapat memediasi hubungan kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Batik di Kota Semarang. Saran untuk pelaku usaha agar lebih berani lagi untuk melakukan maksimal dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan dan strategi pemasaran sehingga dapat meningkatkan kapabilitas pemasaran, dengan harapan dapat semakin meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pengetahuan Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:43
Last Modified: 29 Nov 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66031

Actions (login required)

View Item View Item