EFEKTIVITAS LABORATORIUM MAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI DAN INFERENSI PESERTA DIDIK
Akbar Satriawan, 400141702 (2023) EFEKTIVITAS LABORATORIUM MAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI DAN INFERENSI PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil penelitian awal yang telah dilakukan pada peserta didik kelas 8 SMP Negeri 6 Tegal didapatkan bahwa kemampuan interpretasi dan inferensi peserta didik masih rendah. Kemampuan interpretasi dan inferensi merupakan aspek dari kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan interpretasi dan inferensi peserta didik tersebut disebabkan karena kurangnya penguasaan suatu konsep pada materi pembelajaran. Pembelajaran IPA penuh dengan teori, konsep, hukum, prinsip dan kaidah tentang IPA, yang mana perlu dilakukan pembuktian melalui praktikum IPA. Namun keterbatasan laboratorium, alat, dan bahan pada SMP Negeri 6 Tegal menjadi suatu penghambat proses penguasaan konsep yang berakibat pada rendahnya kemampuan interpretasi dan kemampuan inferensi peserta didik. Oleh karena itu sekolah perlu memperhatikan dan meningkatkan kemampuan interpretasi dan inferensi peserta didik yang mana dapat dilakukan dengan menggunakan laboratorium maya yang efektif dalam meningkatkan kemampuan interpretasi dan inferensi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media laboratorium maya dalam meningkatan kemampuan interpretasi dan kemampuan inferensi peserta didik. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 8D dan kelas 8F yang diambil dari seluruh peserta didik kelas 8 SMP Negeri 6 Tegal menggunakan teknik probability sampling. Penelitian in merupakan penelitian Eksperimen. Data penelitian berupa data kemampuan interpretasi dan kemampuan inferensi yang didapatkan dari hasil pretest dan posttest. Laboratorium maya yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam penelitian ini ada 3 yaitu The Physics Classroom, Ophysics, dan Rumah Belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa media laboratorium maya efektif untuk meningkatkan kemampuan interpretaasi yang dibuktikan dengan (9,12) > (2,00) serta N-gain sebesar 0,597. Sementara itu media laboratoium maya tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan inferensi peserta didik yang dibuktikan dengan hasil (-0,41) < (2,00) serta N-gain sebesar 0,470
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interpretasi, Inferensi, Peserta Didik, Laboratorium Maya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:36 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |