PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK BERPENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENANAMKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Elia Iwansyah Putri, 4001417007 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK BERPENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENANAMKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001417007_Elia Iwansyah Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menggunakan pemikiran yang terinformasi untuk menentukan relevansi informasi dan pengetahuan serta menarik kesimpulan dan keputusan dengan tepat dan akurat. Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan abad 21 yaitu berpikir kritis, pemecahan masalah, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan berkarakter (Kemendikbud). Pengembangan sumber belajar atau media belajar untuk menanamkan kemampuan berpikir kritis diperlukan, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan E-Modul berbasis flipbook berpendekatan science, environment, technology, and society (SETS) dan untuk menganalisis uji keterbacaan E-Modul berbasis flipbook berpendekatan science, environment, technology, and society (SETS). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebasen Banyumas, pada materi Energi dalam Sistem Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, development, design, implementation, evaluation). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa E�modul dinyatakan layak digunakan, dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata presentase 91,41% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media didapatkan rata-rata presentase 82,66% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan siswa juga menunjukkan nilai 76,66% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Flipbook, Science Enviroment Technology and Society (SETS), Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:31
Last Modified: 29 Nov 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66023

Actions (login required)

View Item View Item