PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS DIREKSI, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DEWAN KOMISARIS ASING DAN DEWAN DIREKSI ASING TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING
SHESA RAHAYUNINGSIH, 7211418065 (2023) PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS DIREKSI, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DEWAN KOMISARIS ASING DAN DEWAN DIREKSI ASING TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Transfer pricing merupakan harga yang terkandung dalam barang atau jasa dan ditransfer dari satu divisi ke divisi lain dalam satu perusahaan atau perusahaan lain yang memiliki hubungan istimewa. Tujuan transfer pricing adalah meminimalkan beban pajak perusahaan dengan merekayasa harga barang atau jasa yang diperdagangkan kepada pihak berelasi, sehingga laba yang dihasilkan perusahaan dapat optimal. Kasus yang terjadi pada PT. Adaro Energy yang memanfaatkan anak perusahaannya di Singapura untuk mentransfer laba perusahaan, serta kasus PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang melakukan transaksi dengan pihak berelasi dan dianggap tidak sesuai dengan prinsip kelaziman dan kewajarah usaha, dengan tujuan untuk menimimalkan beban pajak perusahaan dengan cara transfer pricing. Tindakan transfer pricing yang dilakukan tersebut tentunya akan memberikan kerugian besar pada negara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus direksi, profitabilitas, leverage, dewan komisaris asing dan direksi asing terhadap keputusan transfer pricing. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan dan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2021 dengan 240 unit analisis dari 40 perusahaan sampel. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga terpilih unit analisis sebanyak 205 unit. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data panel dengan menggunakan software STATA 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tunneling incentive berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Mekanisme bonus direksi tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Leverage tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Dewan komisaris asing dan dewan direksi asing berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk memperluas sampel dan populasi pada penelitian serta mengembangkan variabel independen yang dapat memprediksi kemungkinan terjadinya praktik transfer pricing.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transfer Pricing, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Direksi, Profitabilitas, Leverage, Dewan Komisaris Asing, Dewan Direksi Asing. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:40 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66002 |
Actions (login required)
View Item |