PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER TRADISIONAL DI PASAR BRUMBUNG KABUPATEN REMBANG
Erni Windayani, 7101419303 (2023) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER TRADISIONAL DI PASAR BRUMBUNG KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja pemasaran merupakan merupakan faktor yang berperan penting dalam pelaksanaan usaha, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka akan meningkatkan penjualan. Berkembangnya dunia bisnis yang sangat cepat, pelaku usaha dituntut untuk dapat mempertahankan usahanya dan memenuhi keinginan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kuliner tradisional di Pasar Brumbung Kabupaten Rembang dengan dimediasi oleh Keunggulan Bersaing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi pedagang kuliner tradisional di Pasar Brumbung Kabupaten Rembang sejumlah 70 responden. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau keseluruhan jumlah populasi yaitu 70 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan metode analisis deskriptif dan analisis Jalur (Path Analysis) dengan Program SPSS versi 22, dimana variabel yang digunakan meliputi orientasi kewirausahaan (X1), orientasi pasar (X2), keunggulan bersaing (Z) dan kinerja pemasaran (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kemudian, hasil uji path analysis beserta uji sobel juga menunjukkan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara positif dan signifikan, dan keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran secara positif dan signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi antara orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan para pedagang untuk terus mengembangkan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing yang dimiliki untuk meningkatkan penjualan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:33 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65948 |
Actions (login required)
View Item |