DETERMINASI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENDEKATAN PLANNED BEHAVIOR THEORY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Via Safira, 7101419223 (2023) DETERMINASI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENDEKATAN PLANNED BEHAVIOR THEORY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419223_Via Safira.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif adalah sebuah tindakan irasional, dimana konsumen melakukan aktivitas pembelian barang atau jasa hanya untuk mendapatkan kepuasan emosi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif belanja online dengan dimoderasi oleh digital literacy. Landasan teori yang menjadi dasar yaitu Theory of Planned Behavior oleh Ajzen yang merupakan penyempurnaan dari reason action theory yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen (Ajzen, 1991). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun responden pada penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 200 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). PLS merupakan sebuah model persamaan Structural Equation Modelling (SEM) yang didasarkan oleh pendekatan variance atau component-based structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat perilaku belanja online dipengaruhi oleh financial literacy, gaya hidup, dan locus of control. Perilaku konsumtif belanja online dipengaruhi oleh locus of control dan digital literacy Digital literacy tidak mampu memoderasi pengaruh minat perilaku terhadap perilaku konsumtif belanja online. Minat perilaku tidak mampu untuk memediasi pengaruh financial literacy, gaya hidup, dan locus of control terhadap perilaku konsumtif belanja online. Kelemahan penelitian dalam penelitian ini terletak pada objek penelitian yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Hal tersebut karena umumnya mahasiswa belum bekerja sehingga belum memiliki uang yang cukup untuk berperilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Financial Literacy, Gaya Hidup, Locus of Control, Minat Perilaku, Digital Literacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:19
Last Modified: 26 Nov 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65943

Actions (login required)

View Item View Item