Aplikasi Art Gallery dengan Virtual Reality Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC dan Performance Test untuk Menguji Perbandingan Kinerja di Smartphone Android


Wahyu Dwi Kusuma, 4611417067 (2023) Aplikasi Art Gallery dengan Virtual Reality Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC dan Performance Test untuk Menguji Perbandingan Kinerja di Smartphone Android. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4611417067_Wahyu Dwi Kusuma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2020 terjadi pandemi Virus Corona atau COVID-19 terutama di Indonesia. Akibatnya, sejumlah fasilitas, sarana, bahkan hiburan publik mengalami penurunan jumlah pengunjung salah satunya pameran karya seni. Maka dari itu untuk edukasi pada bidang seni, siswa tidak dapat pergi untuk mendatangi pameran karya seni secara langsung dikarenakan pembatasan sosial COVID-19 yang mengharuskan siswa untuk belajar di rumah. Pada penelitian ini penulis memutuskan membuat sebuah aplikasi art gallery yang memanfaatkan teknologi virtual reality berbasis Android dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pada penelitian ini dilakukan pengujian sistem dan pengujian performa kepada beberapa smartphone yang berbeda spesifikasi nya dengan parameter berapa FPS, rata-rata penggunaan RAM dan CPU menggunakan aplikasi PrefDog. Pembuatan aplikasi virtual reality art gallery ini menggunakan beberapa tools seperti: Unity, SketchUp, dan Google Cardboard. Hasil pada penelitian ini yaitu pengujian performa pada aplikasi virtual reality art gallery aplikasi di uji pada 3 smartphone android dengan spesifikasi yang berbeda serta OS yang berbeda dan aplikasi berjalan optimal pada chipset dengan jumlah 8 cores dan clock speed diatas 2 GHz dengan FPS rata-rata 50 FPS dan di simpulkan bahwa penggunaan RAM di setiap smartphone tidak lebih dari 30% yang artinya RAM di sini tidak terlalu berperan penting dalam menjalankan aplikasi tetapi tetap harus ada dan yang paling berperan dalam menjalankan aplikasi ini adalah CPU dari jumlah cores dan kecepatan dari setiap cores nya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Unity, MDLC, Google Cardboard, Performance Test
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Teknik Informatika S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:04
Last Modified: 25 Nov 2024 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65893

Actions (login required)

View Item View Item