PENGARUH EKSPLORASI KARIR PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MINAT KARIR TERHADAP PEMILIHAN KARIR MENJADI GURU
Camelia Yunika Elisabet, 7101419146 (2023) PENGARUH EKSPLORASI KARIR PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MINAT KARIR TERHADAP PEMILIHAN KARIR MENJADI GURU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pemilihan karir menjadi guru merupakan suatu proses ketika seseorang memilih guru sebagai profesinya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung efikasi diri, minat karir, dan pemilihan karir yang dimediasi eksplorasi karir pada program Kampus Mengajar. Populasi dalam penelitian ini adalah 675 mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 3. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form sehingga diperoleh 251 data responden yang valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis jalur melalui perangkat lunak WarpPLS versi 5.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan langsung antara efikasi diri, minat karir, dan eksplorasi karir terhadap pemilihan karir mahasiswa untuk menjadi guru. Kemudian, eksplorasi karir pada Kampus Mengajar memediasi hubungan tidak langsung efikasi diri dan minat karir terhadap pemilihan karir mahasiswa untuk menjadi guru. Artinya, dengan melakukan eksplorasi karir pada Kampus Mengajar, mahasiswa semakin yakin akan kemampuan dirinya untuk menjadi guru dan minatnya untuk menjadi guru semakin kuat yang mana membuat mahasiswa semakin yakin untuk memilih karir menjadi guru. Penelitian selanjutnya dapat menguji kembali pengaruh Kampus Mengajar terhadap pemilihan karir dengan mengintegrasikan variabel penghambat yang menyebabkan mahasiswa tidak ingin memilih karir keguruan. Pemerintah sebagai penyelenggara program sebaiknya memfokuskan program Kampus Mengajar khusus mahasiswa program studi pendidikan sekolah dasar. Untuk perguruan tinggi khususnya program studi diharapkan dapat lebih terbuka terhadap program Kampus Mengajar serta diiringi penyesuaian kurikulum perkuliahan dengan program Kampus Mengajar. Terakhir, mahasiswa diharapkan dapat lebih proaktif dalam melakukan eksplorasi karir.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan Karir, Efikasi Diri, Minat Karir, Eksplorasi Karir, Kampus Mengajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:42 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65885 |
Actions (login required)
View Item |