PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, FUTURE TIME PERSPECTIVE, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Putri Della Ramadhani, 7101419135 (2023) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, FUTURE TIME PERSPECTIVE, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan karir menjadi guru merupakan kondisi seseorang yang membuatnya memiliki kesiapan baik fisik, mental, maupun perlengkapan mengajar. Kesiapan fisik ini berarti memiliki tenaga yang baik, sementara kesiapan mental berarti guru memiliki minat dan motivasi yang cukup untuk mengajar. Berdasarkan data tracer study alumni Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Tahun 2019 yang berkarir sebagai guru hanya sebesar 24%, Tahun 2020 sebesar 20%, dan Tahun 2021 sebesar 11%. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dukungan orang tua, future time perspective, dan self�efficacy terhadap kesiapan karir menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 362 mahasiswa. Ukuran sampel pada penelitian ini menggunakan rumus penentuan ukuran sampel dari Slovin pada standard error 5% sebanyak 190 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi linear berganda yakni Y = 11.540 + 0.087 X1 + 0.091 X2 + 0.308 X3 + e. Pengaruh secara simultan dukungan orang tua, future time perspective, dan self-efficacy terhadap kesiapan karir menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran adalah sebesar 33%. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel self�efficacy sebesar 19,10%, untuk variabel future time perspective sebesar 2,10% dan variabel dukungan orang tua sebesar 2,16%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel dukungan orang tua, future time perspective, dan self-efficacy terhadap kesiapan karir menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang. Adapun saran dari peneliti mengenai penelitian ini adalah pihak jurusan memberikan pandangan kepada mahasiswa terkait dengan penjurusan kuliah dan gambaran karir sesuai dengan bidang studi kependidikan melalui seminar atau sharing session dengan alumni yang berkarir sebagai seorang guru agar mahasiswa dapat menangkap dan memiliki pandangan terkait dengan karirnya di masa depan sesuai dengan tindakan yang mahasiswa ambil di masa sekarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Karir menjadi Guru, Dukungan Orang Tua, Future Time Perspective, dan Self-Efficacy |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:35 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65876 |
Actions (login required)
View Item |