Peran Praktik Kerja Lapangan sebagai Variabel Mediasi dalam Pengaruh Keterampilan Abad 21 Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus SMK se-Kabupaten Demak Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Khoirunnisa Fajarwati, 7101419124 (2023) Peran Praktik Kerja Lapangan sebagai Variabel Mediasi dalam Pengaruh Keterampilan Abad 21 Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus SMK se-Kabupaten Demak Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Revolusi Industri 4.0 membuka kesempatan untuk SDM unggul dan kompeten pada bidangnya. Lulusan SMK menjadi salah satu SDM unggul yang dipersiapkan untuk bersaing di dunia kerja setelah lulus. Pada kenyatannya lulusan SMK menjadi penyumbang angka pengangguran tertinggi di Indonesia. Saat ini perusahaan di Indonesia mengalami kesulitan dalam merekrut lulusan SMK karena masih belum kompetennya penguasaan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan abad 21 yang terdiri dari berpikir kritis dan penyelesaian masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi terhadap kesiapan kerja melalui praktik kerja lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga se�Kabupaten Demak sebanyak 285 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling dengan 167 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian adalah berpikir kritis dan penyelesaian masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi, variabel terikatnya adalah kesiapan kerja dan praktik kerja lapangan sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data menggunakan survei secara langsung dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, uji t dan uji sobel. Hasil uji statistik deskriptif diketahui bahwa kesiapan kerja, berpikir kritis dan penyelesaian masalah, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, dan praktik kerja lapangan tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berpikir kritis dan penyelesaian masalah serta praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, sedangkan kreativitas dan komunikasi serta kolaborasi tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Praktik kerja lapangan sebagai variabel mediasi secara full mediation memperkuat hubungan komunikasi dan kolaborasi terhadap kesiapan kerja akan tetapi tidak memediasi hubungan berpikir kritis dan penyelesaian masalah serta kreativitas terhadap kesiapan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini, secara parsial berpikir kritis dan penyelesaian masalah serta praktik kerja lapangan berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Praktik kerja lapangan mampu memediasi hubungan komunikasi dan kolaborasi terhadap kesiapan kerja. Saran dari penelitian ini agar peserta didik yakin dengan kemampuan yang dimiliki dan terus mengembangkan kemampuannya serta sekolah dapat melakukan singkronsasi kurikulum pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja di era revolusi industri 4.0.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesiapan kerja, keterampilan abad 21, berpikir kritis dan penyelesaian masalah, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, praktik kerja lapangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:28 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65867 |
Actions (login required)
View Item |