PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, GAYA HIDUP BERBELANJA DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang)


Ajeng Listiyani, 7101419112 (2023) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, GAYA HIDUP BERBELANJA DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419112_Ajeng Listiyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi pada era digital telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya berdampak pada bidang ekonomi dengan hadirnya toko online. Perkembangan toko online menyebabkan terjadinya perilaku pembelian impulsif yaitu perilaku pembelian yang dilakukan secara spontan dan tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa tingginya tingkat perilaku pembelian impulsif yang dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari promosi penjualan, gaya hidup berbelanja dan literasi digital terhadap perilaku pembelian impulsif online dengan kualitas produk sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019 yang pernah melakukan pembelian pada online shop yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan sebanyak 271 responden dengan teknik non- probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk pada asumsi SEM dengan mengacu pada perhitungan SmartPLS sehingga model dinyatakan layak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan dan gaya hidup berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online. Literasi digital berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif online. Pada uji moderasi, kualitas produk mampu memoderasi pengaruh promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif online. Kualitas produk tidak dapat memoderasi hubungan gaya hidup berbelanja dan literasi digital terhadap perilaku pembelian impulsif online. Saran dalam penelitian ini hendaknya mahasiswa melakukan pembelian dengan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan serta memanfaatkan waktunya untuk kegiatan yang positif. Mahasiswa juga diharapkan dapat memanfaatkan media digital untuk mencari informasi mengenai kualitas suatu produk dengan cara browsing serta melihat penilaian pembeli sebelumnya mengenai kualitas suatu produk agar tidak mudah terpengaruh tampilan produk yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pembelian Impulsif Online, Promosi Penjualan, Gaya Hidup Berbelanja, Literasi Digital, Kualitas Produk.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:23
Last Modified: 25 Nov 2024 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65860

Actions (login required)

View Item View Item