ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU SEJARAH TENTANG SEJARAH INDONESIA KONTEMPORER DAN IMPLEMENTASINYA DI 2 SMA KABUPATEN PEMALANG
Anggito Rizki Setiawan, 3101419084 (2023) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU SEJARAH TENTANG SEJARAH INDONESIA KONTEMPORER DAN IMPLEMENTASINYA DI 2 SMA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Sejarah kontemporer adalah sebuah sejarah mutakhir yang efek dari terjadinya peristiwa tersebut masih dapat kita rasakan serta rasa kehadirannya terasa masih hangat dalam kehidupan kita sekarang ini, bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan sumber-sumber seperti arsip, dokumen, serta sumber primer lainnya belum dapat dipelajari atau dibuka kepada media luas atau masyarakat umum. Didalamnya melahirkan berbagai rumusan akibat dari perbedaan�perbedaan tersebut. Hal ini menyebabkan sebuah kontroversi yang beredar dalam historiografi karena hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Sejarah kontemporer khususnya sejarah yang bersifat kontroversi menjadi salah satu bagian dari materi pembelajaran yang harus terus diterapkan dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan program SPSS V.25. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji instrumen penelitian, uji prasyarat, dan analisis statistik. Pada akhir penelitian didapati kedua sekolah mendapat nilai masing�masing sebesar 80,45% untuk SMA Negeri 1 Pemalang dan 74,8% untuk nilai SMA Negeri 3 Pemalang. Dan untuk nilai rata-rata pada hasil akhir tersebut didapatkan nilai sebesar 77,62%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua SMA di Pemalang sudah “baik” dalam pemahaman serta implementasinya dalam pembelajaran sejarah kontemporer dengan isu kontroversial. Dengan adanya hubungan korelasi antara keduanya, artinya semakin baik pemahaman seseorang terhadap suatu konsep, semakin baik pula kemampuannya untuk mengimplementasikannya dengan baik. Pemahaman yang kuat memberikan dasar yang kokoh dan pengetahuan yang tepat untuk membuat keputusan yang tepat, merencanakan tindakan yang efektif, dan mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama implementasi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Kontemporer, Sejarah kontroversial, Pemahaman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:16 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |