PENGARUH PENGGUNAAN METODE SYNCHRONOUS, ASYNCHRONOUS DAN BLENDED LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019)
Susanti, 7101419061 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SYNCHRONOUS, ASYNCHRONOUS DAN BLENDED LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Efektivitas pembelajaran daring merupakan suatu keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran berbasis teknologi. Keefektifan pembelajaran daring ditinjau dari segi proses dalam metode pembelajaran yang merupakan suatu ukuran yang berhubungan dengan tingkat keberhasilan. Berdasarkan observasi awal menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara penggunaan metode synchronous, asynchronous dan blended learning terhadap efektivitas pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 348 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 186 mahasiswa. Metode pengumpulan data data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode blended learning sangat efektif dengan rasio 83,12 persentase 34,2%. Synchronous learning sangat efektif dengan rasio 81,84 persentase 33,6% dan metode asynchronous learning berada pada capaian cukup efektif dengan rasio sebesar 78,35 persentase 32,2%. Secara simultan metode synchronous, asynchronous dan blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran daring sebesar 69,3%. secara parsial pengaruh metode synchronous learning terhadap efektivitas pembelajaran daring 9,06% dan taraf signifikansi 0.000<0,05. Pengaruh metode asynchronous learning terhadap efektivitas pembelajaran daring sebesar 2,56% dan taraf signifikansi 0.030<0.050. Pengaruh metode blended learning terhadap efektivitas pembelajaran daring sebesar 18,15% dan taraf signifikansi 0.000<0.05. Saran dari penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menerapkan metode blended learning. Hal ini sesuai dengan generasi z dimana teknologi dan internet menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam proses belajar. Blended Learning merupakan pembelajaran yang efektif untuk diimplementasikan pada pendidikan tinggi terutama pada era normal baru dan juga dalam menghadapi potensi pandemi baru. Saran lainya yaitu diharapkan penelitian mendatang dapat menggunakan sampel secara lebih besar dan luas agar diperoleh hasil penelitian yang lebih baik, untuk dapat digeneralisasikan dan lebih menggambarkan efektivitas pembelajaran daring secara komprehensif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran Daring, Metode Synchronous, Metode Asynchronous Dan Metode Blended Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Akuntansi (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65848 |
Actions (login required)
View Item |